Exterior Rumah Minimalis Gaya Arsitektur Jepang

Apapun model dan bentuknya, rumah merupakan karya arsitektur dari perpaduan seni dan budaya hunian tradisional dan kadang diselipkan unsur desain modern didalamnya untuk mempercantik tampilan rumah tersebut. Rumah dibuat dengan pertimbangan khusus dan terencana sehingga tercipta ruangan-ruangan yang nyaman baik untuk interior atau exterior rumah itu sendiri.

Untuk memberi kesan ruang yang lebih luas dan seimbang dengan luas bangunan, biasanya sebuah rumah menggunakan konsep terbuka dimana seluruh ruang didalamnya dimodifikasi sedemikian rupa dengan mengurangi jumlah sekat atau pembatas terutama untuk kategori rumah minimalis. Dengan begitu desain interior dan eksterior rumah minimalis menghasilkan keseimbangan desain sehingga berfungsi lebih maksimal.

Gaya minimalis rumah di Indonesia sebenarnya terinspirasi dari model rumah klasik dari negeri Jepang dimana seluruh desainnya terlihat lebih ekspansif dengan menonjolkan sisi-sisi desain yang dinamis dan harmonis. Dalam hal ini unsur-unsur modern sengaja dipadukan dengan gaya minimalis yang memiliki luas bangunan yang terbatas.

Exterior Rumah Minimalis Gaya Arsitektur Jepang

Pada prinsipnya ukuran dan struktur rumah minimalis sangat ditentukan oleh elemen dasar untuk pembentukan seluruh ruang secara sistematis, efektif, dan fungsional. Berawal dari sinilah akhirnya rumah minimalis terlihat lebih menarik secara visual dan terasa nyaman dilihat dari sisi interiornya. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa desain eksterior dan interior rumah, baik minimalis, modern atau konbinasi keduanya membutuhkan keselarasan bentuk, warna, sehingga sanggup menghadirkan nuansa ruang terbuka yang indah dan nyaman.

Konsep Minimalis ala Jepang

 

Desain rumah minimalis yang unik sebenarnya mampu kita ciptakan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengadopsi konsep rumah minimalis ala Jepang. Konsep ini memiliki sedikit perbedaan dari desain rumah minimalis pada umumnya dan bisa kita terapkan pada seluruh bagian rumah baik interior ataupun exterior rumah. Ciri khas desain gaya Jepang ini salah satunya dengan menghadirkan furnitur dengan nuansa etnik baik bentuk ataupun ornamennya yang cocok diaplikasikan untuk rumah minimalis 1 lantai ataupun 2 lantai.

Salah satu ciri khas tersebut adalah pentu dan jendela model sliding transparan (tembus cahaya) sehingga ruangan nampak terang di siang hari. Dalam hal ini elemen pintu yang bisanya terbuat dari bahan kayu diganti dengan material kaca dengan rangka (kusen) dari alumunium. Material yang sama juga digunakan pada furnitur lain semacam buffet , lemari, rak TV, dan furnitur pelengkap ruangan lainnya.

Ideal Untuk Rumah Minimalis Type 21

Perlu kita ketahui konsep minimalis gaya Jepang ini cukup ideal diterapkan pada rumah minimalis type 21. Boleh dibilang rumah minimalis type 21 adalah hunian sempit dimana semua serba terbatas baik luas bangunan dan luas ruangan didalamnya. Dalam rumah minimalis type 21 hanya ada beberapa ruangan inti seperti ruang tamu, 1 kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan ruang keluarga yang menyatu dengan ruang tamu.

Untuk memberi kesan lebih modern maka desain rumah minimalis gaya Jepang termasuk unsur paling ideal jika dikombinasikan dengan desain rumah minimalis type 21. Yang membuat tampilan rumah minimalis ala Jepang lebih artistik adalah warna genteng yang cukup beragam. Bentuk rumah sendiri lebih mirip panggung dengan struktur menjorok ke belakang. Biasanya rumah minimalis gaya Jepang memiliki taman dengan komposisi pasir putih lengkap dengan kolam dan pancuran ditengah-tengah taman dihiasi beberapa jenis batuan alam.

Desain rumah minimalis ala Jepang tidak hanya membuat exterior rumah terlihat lebih menarik namun konsep terbaru ini juga memberi jaminan kenyamanan terutama untuk hunian dengan luas terbatas. Jadi jika kita kesulitan menata eksterior dan interior rumah yang tergolong sempit, konsep desain rumah minimalis gaya Jepang ini bisa kita coba terapkan.

Please Share 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *