Hal yang Sering Dikhawatirkan Orang Tua dalam Merawat Bayi

Pastinya semua orang tua ingin memberikan perawatan yang terbaik untuk anaknya sejak lahir sampai anaknya bertumbuh dewasa.

Akan tetapi, dibalik proses perawatan yang dilakukan, tidak jarang orang tua merasa khawatir pada berbagai hal.

Apalagi cara merawat bayi, yang mana kita tahu bahwa daya tahan tubuh bayi masih sangat lemah, semua bagian tubuhnya masih dalam tahapan pertumbuhan yang belum sempurna.

Sehingga membuat resiko si kecil mengalami masalah kesehatan pun cukup besar.

 

Berbagai hal yang dikhawatirkan oleh orang tua dalam merawat bayi biasanya adalah mencakup kesehatannya dan juga tumbuh kembangnya.

Kekhawatiran di dalam diri orang tua dalam merawat si kecil sejak awal kelahirannya bisa muncul apabila orang tua kurang memahami seperti apa kondisi yang terjadi.

Oleh sebab itulah menjadi hal yang penting untuk orang tua tahu banyak hal menyoal tentang kekhawatiran orang tua dalam cara merawat bayi, apakah masih dalam kondisi yang wajar atau tidak. Wyeth Parenting Club bisa menjadi tempat untuk orang tua menemukan banyak infomasinya.

Nah, berikut ini beberapa hal yang cukup sering menjadi kekhawatiran orang tua dalam merawat bayi dan seperti apa agar hal yang dikhawatirkan tidak sampai terjadi :

 

  1. Khawatir pada kematian bayi secara mendadadk. SIDS atau Sudden Infant Death Syndrome bisa dikatakan sebagai kekhawatiran terbesar orang tua dalam melaksanakan cara merawat bayi, apalagi pada bayi yang beru lahir. Resiko kematian mendadak ini lebih besar dialami olah bayi di usia 0 sampai 1 tahun. Hal yang bisa jadi penyebabnya antara lain adalah udara yang tidak sehat, seperti banyak asap rokok, banyak polusi asap kendaraan bermotor yang membuat sistem pernapasan bayi pun bermasalah. Untuk menjauhkan bayi anda dari resiko ini, hal yang bisa dilakukan adalah tidurkan bayi dalam posisi terlentang. Hindari meletakkan selimur, bantal, ataupun boneka dan sejenisnya yang terlalu banyak di sekitar tempat tidur bayi. Tidak disarankan juga menyusui bayi dalam keadaan tidur, tetap usahakan untuk menyusui dengan posisi ibu duduk dan menggandong bayi.

 

  1. Khawatir kebutuhan nutrisi bayi tidak terpenuhi dengan baik. Hal ini juga tak jarang dikhawatirkan oleh para orang tua dalam melakukan berbagai hal cara merawat bayi. Ketahuilah bahwa asupan nutrisi terbaik untuk bayi baru lahir sampai dengan usia 6 bulan adalah pemberian ASI secara ekslusif. Baru setelah berusia 6 bulan dibarengi dengan pemberian makanan pendamping ASI, dan tetap melanjutkan pemberian ASI sampai usia 2 tahun. Nah, kadang kala saat bayi sudah dikenalkan dengan makanan padat maupun pendamping ASI, ia rewel bahkan tidak mau makan. Inilah yang kerap jadi kekhawatiran ibu. Pahamilah apa yang membuat si kecil rewel, atasi dan teruslah mencoba untuk berusaha selalu mencukupi kebutuhan nutrisi bayi dengan memberikan asupan makanan bergizi seimbang.

 

  1. Khawatir bayi obesitas. Bayi yang gemuk memang menggemaskan. Akan tetapi obesitas menjadi salah satu kekhawatiran orang tua pada bayinya. Apabila bayi masih berusia dibawah 6 bulan dan ibu memberikan ASI eksklusif, maka tak perlu mengkhawatirkan masalah obesitas. Akan tetapi jika semakin bertambah usia, anda tahu aktivitas si kecil yang terlalu minim, ia menunjukkan kemalasan untuk beraktivitas dan nafsu makannya tinggi, cobalah untuk berkonsultas dengan dokter agar masalah tersebut bisa diatasi dengan optimal.
Baca Juga:   Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *