Ini Akibat Jika Jarang Mencuci AC

Setelah terpapar oleh panas dan teriknya sinar matahari di luar ruangan, biasanya yang langsung kita cari adalah sesuatu yang menyegarkan dan membuat kita jadi terasa lebih nyaman. Salah satu caranya adalah dengan menyalakan AC yang berfungsi sebagai pendingin ruangan.

 

Setelah beberapa menit, maka udara di dalam ruangan akan jauh lebih sejuk dan dingin jika dibandingkan dengan suhu udara di luar ruangan. Menggunakan AC sudah jadi hal yang umum dan banyak dilakukan oleh masyarakat. Namun, ada hal yang tidak kalah penting setelah Anda menggunakan AC, yaitu merawatnya agar tetap awet. Ada hal-hal yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah dengan mencuci AC Anda.

 

Mencuci di sini tidak bisa sembarangan begitu saja, Anda juga harus menggunakan jasa profesional untuk membantu membersihkan AC Anda. Perlu diketahui bahwa hal ini sangat penting untuk dilakukan. Karena jika tidak dengan rutin mencuci AC, maka akan membuat beberapa masalah timbul.

 

Baca Juga:   Model Hijab Segi Empat untuk Ke Kampus

Di bawah ini adalah beberapa akibat yang akan timbul apabila Anda jarang mencuci AC dengan rutin.

 

  • Kualitas AC yang Menurun

 

Ketika Anda menggunakan AC agar bisa mendapatkan kenyamanan, hal tersebut bisa hilang jika Anda tidak dengan rutin mencuci. Bukannya mengeluarkan udara yang sejuk dan dingin, tetapi AC bisa saja mengeluarkan udara cenderung lebih panas sehingga ruangan lama-kelamaan tidak terasa dingin, malah membuat Anda jadi gerah. Tidak hanya itu saja, tempat di mana Anda meletakkan AC juga bisa jadi becek di sana-sini karena terjadi kebocoran pada unit AC.

 

Anda juga bisa jadi terganggu karena mesin AC yang biasanya bekerja dengan suara-suara yang halus, bahkan ada beberapa yang memang sengaja dirancang agar tidak mengeluarkan suara, namun tiba-tiba jadi mengeluarkan suara yang cukup berisik dan mengganggu.

 

Baca Juga:   Tips Miliki Tampilan Hijab Cantik Saat Hari Lebaran

Hal-hal tidak menyenangkan dan membuat nyaman tersebut bisa terjadi ketika bagian dalam mesin terlalu kotor karena adanya tumpukan kotoran maupun debu yang masuk bersamaan dengan udara.

 

  • Jadi Gampang Sakit

 

Memang di bagian dalam mesin AC terdapat filter yang berfungsi untuk menyaring udara, baik yang keluar dan udara yang masuk.

 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak hanya debu saja yang terhisap masuk ke dalam mesin, tetapi juga ada beberapa bakteri maupun virus penyebab penyakit yang bisa saja menumpuk dan berkembang biak. Begitu pula dengan jamur yang dapat tumbuh dengan subur di kondisi yang lembap.

 

Karena itu, jika tidak dengan rutin dicuci atau dibersihkan, bisa saja kuman-kuman penyebab penyakit tersebut menyebar bersamaan dengan udara. Akibatnya, Anda jadi mudah terserang berbagai macam penyakit.

  • Mahalnya Tagihan Listrik

 

Baca Juga:   Barista Adalah Sekedar Pelayan Kopi? Simak Ulasannya Berikut

Ada sangat banyak residu, baik debu, kotoran, bahkan virus dan bakteri yang ikut masuk ke bagian dalam mesin AC. Parahnya, ternyata dengan menumpuknya debu dan kotoran itu, membuat kerja AC semakin tidak optimal. Mesin AC yang biasanya mengeluarkan udara yang sejuk, karena tumpukan debu tersebut jadi tidak sesuai dengan suhu yang dikeluarkan seharusnya.

 

Akibatnya, mesin akan bekerja jauh lebih ekstra agar tetap bisa menghasilkan udara sesuai dengan keinginan Anda. Nah, hal inilah yang membuat mesin membutuhkan tenaga yang ekstra juga, yaitu daya listrik yang cukup besar.

 

Akibatnya adalah naiknya pemakaian listrik Anda yang membuat tagihan listrik Anda setiap bulannya jadi membengkak tanpa adanya pemakaian dari peralatan listrik lain yang signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *