Konsultasi Kesehatan Balita Dalam Pemilihan Susu Formula

Bagi orang tua, kesehatan anak adalah salah satu hal paling penting yang harus diperhatikan. Terutama anak yang memasuki usia balita yaitu anak usia 1-5 tahun. Mengapa begitu? Karena pada umumnya balita adalah fase dimana anak sudah mulai berpikir dan bertindak sesuka hatinya.

 

Apapun yang ia inginkan bisa saja ia lakukan, seperti berjalan, berlari, memasukkan benda-benda asing ke dalam mulutnya, dan masih banyak lagi. Karena itu saat anak memasuki fase tersebut, ibu diharapkan lebih ketat dalam menjaga tingkah laku si kecil. Jangan ragu untuk melakukan konsultasi kesehatan balita, saat mereka mengeluh sakit atau jika ada sesuatu yang Anda khawatirkan.

 

Konsultasi Kesehatan Balita Dalam Pemilihan Susu Formula

Pentingnya Pemiihan Susu Formula Bagi Anak

 

Salah satu permasalahan ibu yang paling sering ditemukan adalah memilih susu formula yang tepat untuk si kecil. Anak yang sudah memasuki fase balita pada umumnya sudah tidak lagi mengonsumsi asi dan sudah mulai beralih ke mp-asi atau susu formula.

 

Bagi ibu, bukan hal yang mudah menentukan susu formula terbaik untuk anak. Jika si kecil tidak cocok mengonsumsi susu formula biasanya tubuh si kecil akan melakukan penolakan seperti munculnya alergi atau ruam pada kulit.

 

Tidak hanya itu, dampaknya bisa lebih buruk seperti sakit perut, muntah-muntah, diare dan lain sebagainya. Karena itu sangat penting bagi ibu untuk melakukan konsultasi kesehatan balita ke dokter terlebih dahulu, sebelum Anda memutuskan pilihan terbaik untuk anak.

 

Jika anak mengalami alergi setelah diberikan susu formula jenis tertentu, Anda wajib mengetahui apa saja penyebab dan pengaruh jangka panjangnya terhadap anak. Pada umumnya alergi yang terjadi pada anak saat mengonsumsi susu formula disebabkan oleh respon multifungsi dari sistem imun anak. Dimana antibodi pada tubuh anak akan salah menetralisir protein yang masuk.

 

Hal tersebut dapat menyebabkan alergi yang ditandai dengan ruam pada kulit, gatal-gatal, hidung berair dan masih banyak lagi. Jika tidak segera diatasi, alergi tersebut akan terus bersarang di tubuh anak, sehingga anak akan sulit untuk mengonsumsi susu formula jenis lainnya.

 

Sangat dianjurkan bagi para orang tua untuk selalu hati-hati memberikan yang terbaik untuk anak. Kesehatan anak harus dijaga sejak dini karena hal tersebut adalah bekal yang bisa Anda berikan untuk masa depan anak. Walaupun terdengar sepele, namun pemilihan susu formula sangatlah penting. Jika memang Anda ragu, Anda bisa melakukan konsultasi kesehatan balita dengan dokter anak yang sudah terpercaya.

Kandungan Susu Formula Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil

 

Susu formula sendiri memiliki berbagai macam kandungan gizi mulai dari karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin. Sangat bagus untuk pertumbuhan tulang, otak dan pola pikir si kecil. Jangan lupa untuk tetap memberikan makanan pendamping asi kepada anak secara rutin. Dengan begitu tumbuh kembang si kecil akan semakin optimal.

 

Lalu, kapan waktu yang tepat memberikan susu formula untuk si kecil? Sebaiknya di malam hari dan pagi hari. Pemberian susu formula yang baik itu adalah dua kali sehari. Pada pagi hari, khasiat susu formula akan bekerja untuk menambah produksi energi pada anak. Sehingga anak akan beraktivitas dengan penuh semangat dan tidak mudah lelah.

 

Pilihlah susu formula yang terbaik untuk tumbuh kembang anak. Persembahan ibu dan balita dari frisian flag, karena frisian flag menawarkan berbagai jenis susu formula, mulai dari anak usia 0-6 bulan, 6-12 bulan, 1-3 tahun sampai anak usia 4-6 tahun. Lengkap dan terpercaya karena kualitasnya sudah tidak diragukan lagi untuk anak. Tertarik mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *