Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan

Bawang merah yang dalam bahasa latin disebut Allium ascalonicum L. merupakan tumbuhan dalam famili Alliaceae. Umbi yang dihasilkan tanaman ini digunakan oleh manusia sebagai bumbu masakan. Ada yang dihaluskan bersama bumbu lainnya maupun dijadikan bawang goreng sebagai pewangi dan penyedap masakan.

 

Namun perlu diingat untuk tidak menyimpan irisan bawang merah lebih dari satu hari, karena bawang merah yang sudah dipotong merupakan tempat berkembang biaknya bakteri meskipun disimpan di lemari pendingin. Jadi, kalau bawang merah sudah diiris harus digunakan saat itu juga atau buang saja.

 

Kandungan Bawang Merah :

 

Bawang merah mengandung vitamin C, kalium, serat, dan asam folat. Selain itu, bawang merah juga mengandung kalsium dan zat besi. Bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin.

 

Kegunaan lain bawang merah adalah sebagai obat tradisional, bawang merah dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida.

Baca Juga:   Mengenal Beberapa Jenis Pemeriksaan EKG Jantung

 

Dan juga mengandung flavonglikosida berfungsi sebagai antiradang, pembunuh bakteri, dan menurunkan panas.

 

Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan :

 

Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan

 

  • Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan Mengontrol tekanan darah

Sama halnya seperti bawang putih, bawang merah yang dikonsumsi tanpa dimasak atau diolah menjadi jus, diyakini dapat menstabilkan tingkat tekanan darah. Bawang merah mengandung quercetin (suatu flavonol antioksidan) yang meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, meningkatkan produksi darah dan juga mengurangi kemungkinan stroke jantung. Membubuhkan bawang merah ke dalam menu salad atau diblender menjadi jus juga bisa membuang racun dari dalam tubuh sekaligus mampu mengontrol masalah hipertensi Anda.

 

  • Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan Menyembuhkan sembelit

Serat yang terdapat dalam kandungan bawang mentah membantu keluarnya toksin ataupun partikel makanan yang sulit dicerna oleh usus Anda. Jika Anda mengalami susah buang air besar atau sembelit cobalah konsumsi bawang mentah.

  • Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan Menurunkan kolesterol
Baca Juga:   6 Cara Praktis Menjaga Kesehatan Mata, No. 3 Gampang Banget!

Bawang merah juga menjaga kolesterol baik dalam darah yang membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung. Penelitian dilakukan para ilmuwan Hong Kong yang memberikan bawang merah yang telah dihancurkan pada hamster yang mengonsumsi makanan tinggi kolesterol.

 

  • Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan Meredakan sakit tenggorokan

Bawang juga dikenal sebagai obat ayurveda saat mengalami batuk dan sakit tenggorokan. Haluskan bawang, seperti membuat jus lalu tambahkan sedikit Jahe dan Madu.

  1. Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan Menurunkan risiko diabetes

 
Ini juga jadi salah satu manfaat dari bawang mentah. Jika penderita diabetes mengkonsumsi bawang mentah itu sama saja meningkatkan produksi insulin. Untuk para penderita diabetes, seperti dilansir dari Bold Sky, dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang mentah secara rutin.

 

  • Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan Mengurangi risiko gangguan hati

 
Mengkonsumsi bawang mentah dapat melindungi hati dari penyakit penyakit koroner. Bawang juga dapat mengendalikan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat.

Baca Juga:   Benarkah Vapor Akibatkan Rambut Rontok

 

  • Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan Mencegah pertumbuhan sel kanker

 
Kandungan sulfur pada bawang yang tinggi dapat melindungi tubuh kita dari pembesaran usus. Ini juga termasuk mencegah pertumbuhan sel kanker payudara, paru paru dan kanker prostat. Bawang juga dipercaya dapat menyembuhkan gangguan saluran kemih.

 

  • Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan Mengatasi wasir

Menurut penelitian, bawang merah mentah dapat menghentikan perdarahan dan mengurangi rasa nyeri pada dubur akibat wasir atau ambeien. Dengan mengonsumsi tiga kali sehari, rasa nyeri dan perdarahan pada anus akan hilang.

 

Sekian artikel tentang manfaat bawang merah bagi kesehatan, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *