Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Bawang putih merupakan nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan. Masakan Cina, Korea dan Jepang banyak menggunakan bawang sebagai bumbu utamanya.

 

Di negara Asia seperti Jepang atau china , manfaat bawang putih bisa  dikonsumsi tanpa harus ditumbuk halus atau dirajang  seperti kebanyakan bumbu di Indonesia .

 

Dimana satu siung bawang putih tinggal dibakar diatas api atau lansung di kudap tanpa racikan lain , untuk menambah rasa masakan .

 

Kandungan Bawang Putih :

 

Bawang putih mengandung minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol. Daya ini mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lain-lain.

 

Umbi batang mengandung zat-zat:

 

  1. Kalsium : bersifat menenangkan sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi.
  2. Saltivine : bisa mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel saraf.
  3. Diallysulfide, alilpropil-disulfida : anti cacing.
  4. Belerang
  5. Protein
  6. Lemak
  7. Fosfor
  8. Besi
  9. Vitamin A, B1 dan C.
Baca Juga:   Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan

 

Ketika bawang putih dimemarkan/dihaluskan, zat aliin yang sebenarnya tidak berbau akan terurai. Dengan dorongan enzim alinase, aliin terpecah menjadi alisin, amonia, dan asam piruvat. Bau tajam alisin disebabkan karena kandungan zat belerang.

 

Aroma khas ini bertambah menyengat ketika zat belerang (sulfur) dalam alisin diterbangkan ammonia ke udara, sebab ammonia mudah menguap.

 

Senyawa alisin berkhasiat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes dan mengurangi tekanan darah.

 

Selain alisin, bawang putih juga memiliki senyawa lain yang berkhasiat obat, yaitu alil. Senyawa alil paling banyak terdapat dalam bentuk dialil-trisulfida yang berkhasiat memerangi penyakit-penyakit degeneratif dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.

 

 

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan :

 

  1. Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan Menurunkan Kolesterol
    Berbagai penelitian menunjukkan mengonsumsi 600 mg bawang putih setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol.
  2. Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan Mengobati Penyakit Kulit
    Bawang putih juga mampu melawan infeksi dan bakteri sehingga membuatnya menjadi obat yang efektif untuk kutil dan masalah kulit lainnya.
  3. Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan Melancarkan Sirkulsi Darah
    Bawang putih merupakan afrodisiak yang besar. Karena itu bawang putih bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan juga membantu memperpanjang ereksi. Jadi sangat baik untuk masalah seksual, pasokan energi dan juga menaikkan energi seksual.
  4. Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan Mengatur Gula Darah
    Mengatur kadar gula darah dengan meningkatkan pelepasan insulin pada penderita diabetes. Bawang putih bisa menjadi salah satu makanan yang diprioritaskan untuk penderita diabetes.
  5. Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan Antibakteri
    Louis Paster menjadikan bawang putih sebagai antibakteri dan antijamur, sedangkan Albert Schweitzer dari Afrika memanfaatkannya sebagai obat disentri. Sifat antibakteri dan anestesi pada bawang putih dapat membantu menyembuhkan sakit gigi.
  6. Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan Menurunkan Tekanan Darah
    Selain itu, bawang putih juga sangat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan mengendalikan gerakan aliran darah pada organ tubuh. Bawang putih dapat menghentikan pembekuan darah di pembuluh darah tubuh.
  7. Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan Menurunkan Resiko Kanker Paru
    Penelitian terbaru di China menunjukkan bahwa bawang putih mentah punya efek menangkal berbagai gangguan kesehatan, termasuk penyakit-penyakit kronis dan kanker paru. Para peneliti meyakini bahwa manfaat itu berhubungan dengan kandungan allicin.
  8. Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan Menjaga Kesehatan Jantung
    Serangan jantung dipicu karena rendahnya suplai oksigen ke tubuh. Bawang putih yang masih segar ternyata lebih baik dalam mengurangi kerusakan akibat rendahnya suplai oksigen tersebut ketimbang bawang yang sudah dikeringkan.
Baca Juga:   Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

 

Itulah beberapa uraian tentang bawang putih, dan manfaat bawang putih bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *