Siapa sih yang tidak mengenal tumbuhan yang satu ini, untuk di daerah perkotaan mungkin kita akan sedikit kesulitan untuk menemukan Tumbuhan yang satu ini, Namun untuk di pedesaan Tanaman ini wajib ada di rumah-rumah untuk pengobatan Secara tradisional atau untuk bumbu dapur, tentunya untuk memasak berbagai masakan yang tak kalah enak.

 

Jahe merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Jahe berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari india sampai Cina. Oleh karena itu kedua bangsa ini disebut-sebut sebagai bangsa yang pertama kali memanfaatkan jahe terutama sebagai bahan minuman, bumbu masak dan obat-obatan tradisional. Jahe termasuk dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae), sefamili dengan temu-temuan lainnya seperti temulawak (Curcuma xanthorrizha), temu hitam (Curcuma aeruginosa), kunyit (Curcuma domestica), kencur (Kaempferia galanga), lengkuas (Languas galanga) dan lain-lain.

 

 

Manfaat Jahe untuk Kesehatan :

 

  • Manfaat Jahe untuk tekanan Darah Tinggi

Untuk Cara memakainya Cukup mudah, Rendam Kaki dengan Air jahe hangat selama kurang lebih 15 Menit, Dengan cara ini membantu sirkulasi darah dengan cara refleksologi untuk menurunkan tekanan darah.

 

  • Manfaat Jahe Sebagai pereda flu, pilek dan sakit kepala

Sudah sekian lama Jahe di Percaya mampu menyembuhkan Sakit kepala, pilek dan Flu Caranya Ambil jahe segar (500 gr). Jahe segar ini kemudian diiris dan direbus dalam air panas selama 20 menit, lalu tambahkan gula merah (100 gr), kemudian minum 4 hingga 5 kali sehari. Banyak orang telah menggunakan resep ini dan sembuh dari flu dan pilek. merebus jahe dengan air mendidih untuk membuat teh jahe. Dalam penyajiannya ditambahkan madu, irisan buah jeruk atau lemon. Bisa juga untuk membuat permen. Atau juga bisa dengan merendam kaki sampai pergelangan dalam air jahe panas. Tambahkan garam dan cuka serta tambahkan air hangat secara bertahap terus menerus. Rendam sampai kaki berubah menjadi merah, metode ini sanagat baik untuk menghilangkan sakit kepala dan batuk.

 

  • Khasiat Jahe Untuk Migren.

Caranya dengan merendam tangan dalam air jahe hangat selama 15 menit. Semoga dapat membantu meringankan rasa sakit.

 

  • Obat Alami Kerusakan Gigi Dengan Jahe

Ternyata Jahe bisa di Gunakan untuk mencegah kerusakan gigi, Caranya adalah dengan Minum air jahe hangat atau wedang jahe. Ketika mabuk, air jahe akan meningkatkan sirkulasi untuk membantu menghilangkan etanol dari tubuh. Dapat pula ditambahkan madu biar lebih enak.

 

  • Untuk Atasi Keropos Tulang

Siapkan jahe merah segar 20 gram, kacang hijau 30 gram, biji cengkih 10 gram, kapulaga 10 gram, merica 15 gram, kayumanis 20 gram, dan air 4 gelas.Bahan-bahan dicuci bersih dan dilumatkan atau dimemarkan. Rebus hingga air rebusan tersisa 2 gelas, kemudian disaring. Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari setelah makan. Sekali minum 1 gelas. Agar rasanya nikmat, bisa ditambahkan 2 sendok makan madu.

 

  • Untuk Atasi Asma

Siapkan jahe merah segar 20 gram, daun sambiloto 30 gram, daun randu 30 gram, daun lampes 20 gram, dan air untuk minum 4 gelas. Semua bahan setelah dicuci bersih, diiris atau dirajang kecil. Rebus hingga air rebusan tersisa 2 gelas, lalu saring.Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari setelah makan. Sekali minum 1 gelas. agar rasanya segar, bisa ditambahkan madu dan perasan jeruk nipis.v

 

  • Untuk Atasi Stroke

Siapkan jahe merah 20 gram, mengkudu 40 gram, pule pandak 20 gram, daun dewa 30 gram, daun ciremai 20 gram, air untuk minum 4 gelas. Setelah semua dicuci, dirajang atau diiris. Rebus dengan air 4 gelas hingga air rebusan tersisa 1,5 (satu setengah) gelas, kemudian saring.Minum tiga kali pada pagi, siang, dan sore setelah makan. Sekali minum 0.5 (setengah) gelas.

 

  • Membuat tubuh perkasa

Kandungan senyawa yang terdapat jahe ada yang bersifat inklamasi. Hal ini tentunya efektif dalam hal untuk membangun otot pada bagian tubuh seperti otot pada lengan. Berdasarkan sebuah penelitian bahwa dapat disimpulan dengan mengkonsumsi jahe secara teratur dan rutin dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada otot yang disebabkan karena latihan fisik secara berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *